Langsung ke konten utama

Apa yang dilakukan KPU setelah Pemilu selesai?

Masyarakat seringkali bertanya, “apa pekerjaan KPU setelah Pemilu selesai?”. Lalu jika jawabannya masih dirasa kurang memenuhi rasa ingin tahu ditambah mungkin dengan nada sedikit sinis,”berarti KPU makan gaji buta ya?”. 

Munculnya pertanyaan-pertanyaan tersebut wajar mengingat selama ini kebanyakan orang memahami Pemilu hanya sebatas proses dimana para calon yang akan duduk di jabatan-jabatan publik kemudian merebut simpati pemilih melalui kampanye, lalu para pemilih datang ke TPS menggunakan hak pilihnya kemudian dihitung suaranya, yang memperoleh suara terbanyak dialah yang terpilih. Atau malah ada yang menganggap kalau Pemilu itu hanya orang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya, suaranya dihitung tinggal siapa yang menang. Dalam anggapan tersebut berarti tugas KPU hanya menyiapkan para petugas di TPS, menyiapkan sarananya, menghitung suara dari para pemilih dan menetapkan pemenang. Selesai. 

Rapat Progam dan Anggaran 2015
Celakanya kondisi tersebut diperparah dengan anggapan bahwa Pemilu sebagai proyek. Memang selama ini yang terjadi jika datang musim Pemilu, para calon yang berkompetisi berusaha menarik simpati pemilih dengan bermacam-macam cara. Tidak jarang mereka membeli suara dari para pemilih dengan membagi-bagikan sembako, bahan bangunan, pakaian dan bahkan uang. Dengan begitu masyarakat menganggap Pemilu sebagai “masa panen,” paling tidak lima tahunan. Di tambah lagi, bagi penyelenggara Pemilu dari tingkat pusat sampai tingkat TPS, Pemilu masih dianggap ajang untuk mencari penghasilan tambahan karena di dalamnya ada tambahan honor untuk setiap kegiatan. Bagi para rekanan Pemilu juga menjadi ajang untuk mencari proyek karena disana juga terdapat pengadaan barang-barang logistik Pemilu. Singkatnya, dengan kondisi semacam itu hampir semua lapisan masyarakat “merayakan”  Pemilu dengan pernak-perniknya.

Akan tetapi Pemilu tidak hanya aktifitas-aktifitas semacam itu. Kegiatan tersebut hanya sebagian aktifitas yang nampak saja, hanya kulitnya. Padahal Pemilu pada dasarnya adalah “akad” penyerahan sebagian kedaulatan rakyat kepada sebagian orang untuk mewakili kepentingan mereka di lembaga-lembaga perwakilan atau yang duduk diposisi eksekutif. Dalam demokrasi modern dimana rakyat tidak dapat mungkin secara langsung berpartisipasi dalam setiap pengambilan kebijakan publik, Pemilu menjadi satu-satunya prosedur untuk tetap menegakan kedaulatan rakyat secara demokratis. 

Rapat Persiapan KPU Visit 2015
Dalam pemahaman seperti itu, posisi KPU dalam sistem ketatanegaraan menjadi sangat penting. Dalam UUD 1945 pasal 22E disebutkan bahwa KPU memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menyelenggarakan Pemilu. Dalam melaksanakan Pemilu, KPU memiliki sifat nasional, tetap dan mandiri. Nasional artinya di seluruh wilayah NKRI sampai dengan Kabupaten/Kota terdapat KPU. Tetap artinya bahwa penyelenggara Pemilu KPU dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan undang-undang, artinya ada atau tidaknya tahapan penyelenggaraan Pemilu lima tahunan, KPU tidak serta merta dibubarkan, kecuali untuk penyelenggara Pemilu yang sifatnya ad hoc, seperti PPK, PPS dan KPPS. Kemudian sifat mandiri artinya personel penyelenggara Pemilu diisi oleh orang-orang yang independen dan non-partisan. 

Siklus Pemilu
Dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya, KPU memiliki pemahaman bahawa Pemilu merupakan sebuah siklus, yang berarti bahwa Pemilu tidak hanya berhenti dan sesempit kalau pemungutan suara selesai. Sebagai sebuah siklus, Pemilu dibagi dalam tiga periode, yaitu:
  1. Periode pra-Pemilu (pre-electoral)
  2. Periode Pemilu (electoral) dan 
  3. Periode pasca-Pemilu (post-electoral) 
Pada periode pra-Pemilu KPU melakukan kegiatan-kegiatan seperti:
  • penyusunan program dan anggaran Pemilu
  • rekrutmen personel badan penyelenggara
  • pengadaan barang dan jasa pemerintah
  • bimbingan teknis. Sedangkan pada periode pemilu
Yang dapat dikatakan puncak kegiatan Pemilu itu sendiri, kegiatan-kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah:
  • penetapan daftar calon tetap
  • kampanye
  • distribusi logistik
  • pemungutan dan penghitungan suara
Dan pada periode pasca Pemilu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh KPU adalah:
  • pengarsipan hasil-hasil Pemilu
  • penelitian untuk perbaikan proses Pemilu
  • reformasi badan penyelenggara
  • pengembangan jaringan pihak-pihak terkait. 
Dengan Pemilu sebagai sebuah siklus, maka KPU sebagai penyelenggara Pemilu akan terus-menerus melaksanakan kegiatan-kegiatan kepemiluan, baik ada tahapan maupun tidak ada kegiatan tahapan Pemilu.

Kegiatan Pasca-Pemilu
Berdasarkan pada pemikiran di atas, maka melalui DIPA KPU Kabupaten Banyumas tahun 2015 akan dilaksanakan sejumlah kegiatan, seperti:
Rapat Pembahasan DIM Persiapan Raker KPU Provinsi & KPU RI
  • Penelitian tentang partisipasi pemilih,
    dilakukan diantaranya untuk mengetahui alasan ketidak hadiran pemilih di TPS. Tentunya jika alasan ketidakhadiran pemilih dapat dipetakan oleh KPU akan mudah untuk mengambil kebijakan dalam peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu yang akan datang.
  • Peningkatan kehumasan, dengan menjalin kerjasama dengan media baik cetak maupun elektronik di Kabupaten Banyumas, dalam bentuk Media Visit dan Media Gathering.
  • Pendidikan politik kepada pemilih, dilakukan dengan menyasar kelompok pemilih pemula dan para pelajar. Direncanakan mulai tahun 2015 ini KPU Kabupaten Banyumas merancang program KPU Visit yang salah satu tujuannya adalah mengenalkan sedini mungkin Pemilu kepada para pelajar. 
(Artikel News Letter "DERAP KPU Kabupaten Banyumas" Edisi Januari 2015)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Anggota KPU Kabupaten Banyumas Periode 2013-2018

UNGGUL WARSIADI, SH., MH lahir di Kebumen, 30 Oktober 1962, dipercaya menggantikan Aan Rohaeni, SH sebagai Ketua KPU Kabupaten Banyumas. Alumnus FH Undip ini merupakan salah satu dari tiga anggota KPU Kabupaten Banyumas yang terpilih kembali untuk masa bakti 2013-2018. Suami dari Ir. Hidayah Dwiyanti, M.Si ini berprofesi sebagai dosen di Fakultas Hukum Unsoed, maka tak heran untuk periode ini masih dipercaya untuk membawahi divisi hukum, pengawasan, umum dan rumah tangga. Sebelum menjadi anggota KPU Kabupaten Banyumas tahun 2008, ayah dari Gumintang dan Galang ini sudah lama berkiprah dalam dunia kepemiluan. Pada Pemilu 1999, Unggul sudah menjadi anggota Panwascam Purwokerto Utara dan pada pemilu 2004 menjadi Ketua PPK Purwokerto Utara. Sebagai penanggung jawab divisi pengawasan, Unggul selalu menekankan jajaran KPU Kabupatan Banyumas untuk selalu bersikap tidak memihak dan berlaku adil kepada semua peserta pemilu dan rakyat pemilih. “Sebagai penyelenggara harus tetap menjaga warwa

SEKILAS TENTANG PERJALANAN PARTAI POLITIK DI INDONESIA MASA PRA-KEMERDEKAAN

Perjalanan partai politik di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari sejarah pergerakan nasional awal abad ke-20. Kebijakan politik etis yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda berdampak sangat penting dengan kemunculan elit terdidik pribumi.  Kelompok inilah yang memiliki kesadaran akan pentingnya organisasi sebagai wadah pergerakan nasional. Pada 1908 berdiri Budi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 lalu diikuti oleh Sarekat Islam pada 1911 (sebetulnya pada 1908 juga telah berdiri Indische Vereeniging atau Perhimpunan Hindia di negeri Belanda). BU dan SI tidak secara terang menyebut dirinya sebagai organisasi politik, tetapi memiliki program-program dan aktifitas politis. Hal ini karena undang-undang kolonial Belanda saat itu melarang pendirian organisasi dan perkumpulan politik. BU dan SI semakin terlibat dalam aktifitas politik setelah keduanya masuk dalam lembaga Volksraad (dewan rakyat) yang didirikan pada 1916. Di lembaga ini, wakil-wakil organisasi ini tergabung dalam r